Sunday 21 January 2018

Elemen Pembentuk Ruang

  Dalam ilmu Arsitektur ruang interior dibentuk oleh beberapa elemen. Apabila satu dari beberapa elemen tidak ada maka tidak dapat disebut ruang interior. Pada contoh suatu ruang tidak terdapat dinding maka tidak dapat dikategorikan sebagai ruang interior. Ruang interior terdiri dari beberapa elemen sebagai berikut :

1. Lantai
Lantai adalah bidang bawah dari suatu bangunan atau ruang yang digunakan untuk beraktivitas. Dewasa ini untuk alasan kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam beraktivitas maka untuk penutup lantai sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dapat dipilih antara lain, keramik, granite, marmer, kayu/parquet, dll.
 


2. Dinding
Dinding adalah struktur vertikal yang  membatasi dan melindungi suatu area. Dinding sendiri berfungsi untuk memisahkan suatu bangunan menjadi beberapa bagian. Dinding dapat sebagai pembatas / partisi ataupun sebagai penahan (bearing wall).


3. Plafond
Plafond merupakan bidang atas suatu ruang interior yang meliputi batas atas sebuah ruangan. Plafond sendiri pada umumnya bukan merupakan sebuah elemen struktural, namum sebuah bidang pembatas untuk menyembunyikan bagian bawah pada struktur lantai atas maupun struktur atap.


4. Bukaan Ruang
Bukaan ruang memiliki berbagai bentuk serta ukuran yang diaplikasikan baik pada elemen Lantai, Dinding, maupun Plafond. Contohnya seperti pintu ataupun jendela yang diaplikasikan pada elemen dinding.

1 comment: